Home / Daerah / Lebong / Gandeng Pemda, Polres Lebong Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon

Gandeng Pemda, Polres Lebong Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon

Rabu, 23 Agu 2023 08:46 WIB
Editor : Emzon Nurdin
Kiri : Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Lebong saat menyiram pohon usai ditanam. Kanan : Bupati Lebong Kopli Ansori menyiram pohon yang baru ditanam di dekat bunndaran kawasan perkantoran Tubei, Rabu (23/8/2023)
Kiri : Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Lebong saat menyiram pohon usai ditanam. Kanan : Bupati Lebong Kopli Ansori menyiram pohon yang baru ditanam di dekat bunndaran kawasan perkantoran Tubei, Rabu (23/8/2023)

fokusbengkulu,lebong – Polres Lebong menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebong menggelar aksi tanam 1000 bibit pohon bertempat di kawasan perkantoran Tubei, pada Rabu (23/8/2023) pagi sekira pukul 08.00 WIB. Diketahui, kegiatan penanaman pohon yang dimotori Polri dengan mengusung tagline ‘Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini’ ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd terjun langsung dalam aksi ini. Tampak ikut hadir Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum, Danramil, para PJU Polres Lebong, segenap pengurus Bhayangkari, serta sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemkab Lebong. Lalu, ada Ketua KPU Yoki Setiawan SSos, Ketua MUI Mukhlas SPd, dan unsur instansi vertikal lainnya.

Saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media usai penanaman pohon, bupati menegaskan bahwa Pemkab Lebong sangat mendukung program penghijauan yang digagas oleh Polri. Menurutnya, program tersebut selaras dengan upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Lebong hijau.

“Kita akan membuat Lebong hijau dan memelihara Lebong hijau. Jadi, konsep kota hijau (green city,red), ada konsep yang dibuat menjadi hijau dan ada konsep hijau yang dipelihara,” kata bupati.

Bupati berujar, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan mengimplementasikan kosep kota hijau. Ia mencontohkan, di antaranya adalah untuk menjaga agar udara tetap segar, menyerap polusi sehingga menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman. Selain itu, tambah dia, upaya penghijauan tersebut juga tidak mengganggu pembangunan infrastruktur.

“Dan harapan kita nantinya, pohon-pohon yang ditanam itu berbuah dan masyarakat kita bisa memetik manfaatnya. Jadi, dalam kesempatan ini saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat kita untuk menggalakkan penghijauan,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK mengatakan, program penanaman seribu pohon yang digelar serentak di seluruh Indonesia tersebut bertujuan untuk menjaga dan melestarikan Indonesia sebagai paru-paru dunia.

“Kemudian, penghijauan ini tentu sangat bermanfaat bagi setiap individu. Karena dengan lingkungan yang hijau, akan menyerap racun dan zat-zat berbahaya dari udara. Mengingat besarnya manfaat, kami dari Polri mengajak agar masyarakat Lebong gemar menanam pohon,” terangnya.

Sementara, untuk jenis bibit yang ditanam di Kabupaten Lebong, tambah kapolres, didominasi bibit tanaman buah. Seperti durian, mangga, nangka dan ketapang kencana.

“Untuk jenis pohon menyesuaikan dan tergantung dengan ketersediaan bibit yang ada di KLH, kalau di daerah itu DLH (Dinas Lingkungan Hidup,red). Karena memang kita kerja sama dengan KLH. Nah, yang kita tanam hari ini ada juga bibit buah-buahan,” jelas kapolres.

Selanjutnya, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kopli Ansori beserta OPD teknis terkait atas dukungan penuh terhadap kegiatan itu.

“Terkhusus kepada Pak Bupati, yang hadir terus di lokasi. Mulai dari pengecekan bibit hingga, dalam proses persiapan tempat hingga terselenggaranya acara pada hari ini,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan tanam pohon ini dilaksanakan serentak oleh Mabes Polri, 34 Polda dan 503 polres se Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama para delegasi ASEAN melaksanakan kegiatan penghijauan di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.(wez)

Baja Juga

News Feed

Ini Visi Misi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lebong, Yuk Simak !

Sabtu, 5 Okt 2024 12:28 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong telah resmi menetapkan dua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati...

Penunjukan Pj Sekda Diduga Kental Muatan Politis, Tim Hukum Kopli – Roiyana Minta Kemendagri Anulir

Jumat, 4 Okt 2024 12:36 WIB

fokusbengkulu,lebong - Penunjukan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu Donni Swabuana ST MSi sebagai Penjabat (Pj)...

Rombak Pejabat, Plt Bupati Lebong Tuai Kecaman

Sabtu, 28 Sep 2024 11:20 WIB

fokusbengkulu,lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lebong per tanggal 25...

Bupati Kopli Kucurkan Rp 43,9 Miliar untuk Peningkatan Jalan

Jumat, 27 Sep 2024 01:08 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos mengucurkan anggaran yang cukup besar untuk perbaikan/peningkatan jalan. Nilainya mencapai...

KPU Lebong Tetapkan DPT Pilkada 81.993, Ini Sebarannya

Selasa, 24 Sep 2024 07:04 WIB

fokusbengkulu,lebong  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Lebong pada Pemilihan Kepala...

KPU Gelar Pengundian Nomor Urut, Pendukung Kopli Ansori–Roiyana Menyemut

Senin, 23 Sep 2024 07:15 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan...

Pimpin Apel Gabungan Sebelum Cuti Pilkada, Ini Pesan Bupati Kopli Ansori

Selasa, 17 Sep 2024 08:49 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memimpin upacara kenaikan bendera sekaligus apel gabungan seluruh ASN dan Tenaga Harian...

Dua Paslon Dinyatakan MS, KPU Lebong Buka Ruang Tanggapan Masyarakat

Selasa, 17 Sep 2024 03:05 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menetapkan dua Pasangan Calon (Paslon) yang telah mendaftar untuk Pemilihan...

E-Meterai Error, Pendaftaran CPNS Diperpanjang Empat Hari

Kamis, 5 Sep 2024 06:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong resmi memperpanjang jadwal pendaftaran...

Kopli – Roiyana Paslon Pertama Daftar Pilkada Lebong, Teriakan ‘Lanjutkan’ Bergemuruh

Jumat, 30 Agu 2024 09:27 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Lebong Kopli Ansori SSos – Roiyana SSy resmi...