Home / Daerah / Lebong / Afrildo, Sosok Kades di Lebong yang Getol Dukung Program MT-2

Afrildo, Sosok Kades di Lebong yang Getol Dukung Program MT-2

Sabtu, 14 Mei 2022 12:09 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – Dukungan terhadap program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni turun tanam minimal dua kali setahun untuk mencapai Indeks Pertanaman (IP) 200, atau yang sekarang beken dengan akronim MT2 (Musim Tanam Kedua), kian meluas. Teranyar, gerakan MT-2 digeber di Desa Talang Leak II Kecamatan Bingin Kuning. Luas lahan yang akan digarap pun lumayan. Mencapai 70 hektar.

Jika ada yang bertanya siapa sosok penting yang berhasil menghidupkan lagi tradisi lama yang sempat hilang di Desa Talang Leak II itu ? Jawabannya adalah Afrildo. Sang Kepala Desa yang baru saja dilantik beberapa bulan lalu.

Saat dibincangi fokusbengkulu.com di kediamannya sebelum menyambut kedatangan Bupati Kopli Ansori dalam rangka meninjau kesiapan MT-2 pada Kamis (12/5/2022) siang, Afrildo bercerita tentang keseriusannya dalam mendukung program yang pro rakyat itu.  

Menurutnya, saat penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Tahun 2022, pihak pemerintah desa mengalokasikan 20 persen Dana Desa untuk menyokong pelaksanaan MT-2.

“Saya juga membentuk panitia MT-2 tingkat Desa Talang Leak II. Jadi, kalau ada perangkat desa yang tidak mau ikut MT-2, panitia yang ambil alih. Kemudian, warga yang menyanggupi, membuat surat pernyataan. Jadi, tidak asal bilang sanggup,” ulas Afrildo.

Disinggung soal kemungkinan adanya penambahan areal MT-2, pria yang lama menggeluti usaha depot kayu ini mengamini. Kata Afrildo, persawahan di seberang sungai Ketahun yang tak jauh dari kawasan permukiman warga desa tersebut, kemungkinan juga akan digarap pada musim tanam kedua.

Saat ini, tambahnya, mayoritas warga yang telah menyanggupi ikut MT-2, sedang menunggu padi Batet (Istilah Bahasa Rejang : Padi yang masih tersisa di batang setelah panen). Jadi, belum seluruhnya turun menggarap lahan.

“Kemungkinan besar bertambah, yakni di areal seberang sungai Ketahun. Tapi, panitia MT-2 yang sudah saya bentuk, belum melapor perkembangan terbaru. Terkait Batet yang saat ini masih ditunggu petani, itu sekitar semiggu lagi panen. Setelah itu, mereka langsung menggarap lagi lahan,” papar Afrildo.

Afrildo optimistis MT-2 akan berhasil. Sebab, Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) di bawah arahan dan pengawasan langsung Bupati Kopli Ansori, mendukung penuh. Di tahap awal gerakan turun tanam ini saja, aku Afrildo, pihaknya telah mendapatkan bantuan bibit unggul, racun untuk pengendalian hama dan pinjam pakai handtractor sebanyak tiga unit.

“Jadi, tidak ada alasan lagi warga Talang Leak II tidak ikut. Seperti yang selalu disampaikan Pak Bupati, MT-2 manfaatnya adalah untuk kita sendiri. Untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” tandasnya.

Kades Talang Leak II Afrildo secara simbolis menerima bantuan bibit padi unggul dari Bupati Kopli Ansori

 

Sementara itu, Bupati Kopli Ansori dalam penyampaiannya saat bertatap muka dengan petani di kediaman Kades Talang Leak II, tak bosan-bosannya mengajak untuk menyukseskan MT-2.

Tanpa ragu, Bupati menegaskan, keuntungan yang bisa diraih oleh petani jika memaksimalkan areal persawahan, bisa tiga kali lipat dari modal.

“Jadi, usaha di sektor pertanian ini lah. Khususnya bertanam padi, akan memberikan keuntungan mencapai 30 bahkan 40 persen. Manfaatnya untuk siapa, tentu untuk masyarakat itu sendiri,” kata Kopli.

Kades Talang Leak II Afrildo (kanan) mendampingi Bupati Kopli Ansori memantau gerakan MT-2

 

Di tempat yang sama, Plt Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo SE mengatakan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) akan intens mendampingi petani demi menyukseskan MT-2. Jika ditemukan kendala, seperti serangan hama, maka akan cepat ditangani.

“Kita juga telah menyiapkan pestisida, fungisida dan tiran untuk membasmi tikus. Barangnya ada di BBI Sukabumi. Begitu dibutuhkan, bisa langsug diambil di sana,” kata Hedi.

Selanjutnya, pria yang pernah dipercaya sebagai Sekretaris Dinas PMDSos ini juga meminta dukungan dari segenap elemen masyarakat Lebong agar MT-2 berhasil.

“Ayoo, mari kita bersama-sama wujudkan Lebong mencapai IP 200,” demikian Hedi. (wez)

Baja Juga

News Feed

Kopli – Roiyana Paslon Pertama Daftar Pilkada Lebong, Teriakan ‘Lanjutkan’ Bergemuruh

Jumat, 30 Agu 2024 09:27 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Lebong Kopli Ansori SSos – Roiyana SSy resmi...

Anggota DPRD Lebong Masa Jabatan 2024-2029 Dilantik, Didominasi Wajah Baru

Senin, 26 Agu 2024 08:44 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak 25 orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 14...

DPS Pilkada Lebong Ditetapkan Sebanyak 82.134 Jiwa, Cek Nama Anda

Sabtu, 24 Agu 2024 09:32 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Kepala Daerah...

KPU Lebong Segera Buka Pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup, Catat Jadwalnya

Sabtu, 24 Agu 2024 09:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong segera membuka pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati...

Pemkab Lebong Resmi Buka Seleksi CPNS, Ada 600 Formasi, Termasuk SMA-SMK

Senin, 19 Agu 2024 06:48 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong resmi membuka seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran (TA)...

Peringati HUT ke-79 Kemerdekaan, Ini Prioritas Bupati Kopli Dukung Indonesia Emas

Sabtu, 17 Agu 2024 06:28 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-79...

Gerindra Merapat, Dukungan kepada Kopli Ansori Tak Terbendung

Senin, 12 Agu 2024 05:29 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dukungan demi dukungan kepada Bupati Lebong Kopli Ansori SSos untuk kembali bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)...

Eks Kades dan Bendahara Korupsi DD Rp 840 Juta, Duitnya Dipakai Foya-foya

Sabtu, 10 Agu 2024 06:45 WIB

fokusbengkulu,lebong – Ulah mantan Kepala Desa (Kades) Pungguk Pedaro Kecamatan Bingin Kuning berinisial ST (54) dan mantan Kaur Keuangan...

Membanggakan, Kedua Kalinya Bupati Kopli Terima Penghargaan UHC dari Wapres

Kamis, 8 Agu 2024 10:22 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong Rachman SKM MSi menerima...

Giliran Perindo Labuhkan Dukungan, Akankah Kopli Ansori Vs Kotak Kosong ?

Rabu, 7 Agu 2024 08:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Peta kekuatan politik di Kabupaten Lebong menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus